Jumat, 17 Oktober 2014



Dari "A Server Patchy" ke Yayasan Software Apache yang merupakan bagian penting dari gerakan open source saat ini, Brian Behlendorf menggambarkan sejarah ASF ini. Pertama Web ekstra di http://youtu.be/6kRMlfIBMCY adalah video wawancara dengan Brian Behlendorf tentang Apache Software Foundation dan peran kuncinya dalam gerakan open source. Kedua ekstra Web di http://youtu.be/hy7gktf2FbI adalah rekaman audio Charles Severance ini Percakapan Computing kolom, di mana ia membahas wawancara dengan Brian Behlendorf tentang Apache Software Foundation dan peran kuncinya dalam gerakan open source.
Foundation Software Apache (ASF) dipandang oleh banyak orang sebagai contoh terkemuka tentang bagaimana sumber dasar perangkat lunak open harus dijalankan.
ASF ini terdiri lebih dari 160 proyek open source, masing-masing dengan tim relawan bertanggung jawab untuk desain, perencanaan, dan pengembangan perangkat lunak digunakan secara luas dalam jutaan proyek teknologi di seluruh dunia. Alat-alat ini termasuk perangkat lunak seperti webserver berbasis Java Tomcat, webserver httpd, mesin pencari Lucene, mesin komputasi Hadoop terdistribusi, implementasi Apache Shindig OpenSocial, dan banyak lainnya.
Apache menyediakan titik pertemuan di mana insinyur dari perusahaan besar seperti IBM, Google, Yahoo, Sun, dan Oracle bekerja sebagai relawan bersama kontributor individu berbakat untuk membangun infrastruktur perangkat lunak open source.
Brian Behlendorf, salah satu pendiri ASF ini, menjelaskan sejarah proyek; kunjungi www.computer.org/computingconversations untuk wawancara penuh.
Awal Humble
Kelompok yang akan menjadi ASF punya yang mulai pada tahun 1995 ketika National Center for Supercomputing Applications (NCSA) menjatuhkan dukungan untuk webserver open source (httpd). Seperti Behlendorf menjelaskan hal itu,

     Kami punya awal kami pada hari-hari awal sebagai sekelompok webmaster yang menggunakan software Web tersedia secara bebas tapi mengalami kesulitan dengan itu. Kami memperbaiki bug dan berbagi ini perbaikan bug-patch-dengan satu sama lain seperti kartu perdagangan bisbol.

     Suatu hari, kami menemukan bahwa kelompok yang telah mengeluarkan webserver yang kita gunakan pada dasarnya dilipat ketika semua pengembang kiri untuk bergabung dengan perusahaan baru yang disebut Netscape. Kami pikir, "Hei, kami tidak bergantung pada perangkat lunak ini, tetapi kita tidak ingin menjadi pengembang webserver penuh waktu. Kami ingin dapat menggunakan hal ini yang kita punya secara gratis dan memperbaikinya."

     Jadi kami membentuk mailing list webmaster dan orang-orang yang bekerja di beberapa penyedia layanan Internet awal, perusahaan desain website, atau tempat-tempat seperti Amazon dan Internet Movie Database, dan kami menggabungkan patch dan memutuskan untuk menyebutnya "A Server Patchy." Model bagaimana kita bekerja didasarkan pada kita sebagai sekelompok rekan-rekan mengusulkan ide-ide, gagasan dan pemeriksaan patch masing-masing, dan memperbaiki bug sebagai sebuah tim.

Apache Web server pop-ularity tumbuh bersama dengan Web, dan itu mampu bersaing dengan serta bahan bakar inovasi secara online yang cepat yang terjadi selama akhir 1990-an. Karena orang-orang yang membangun komunitas Apache bekerja di organisasi mendorong tepi terkemuka teknologi aplikasi Web, wajar bahwa webserver Apache memiliki fitur terbaru dan terbesar.
Menjadi Badan Hukum
Pada tahun 1998, masyarakat memutuskan bahwa penting untuk menciptakan struktur yang lebih formal hukum di seluruh upaya perangkat lunak, sehingga membentuk ASF nirlaba pada 1 Juni 1999. Ini mengesankan bahwa kelompok itu mampu mengkoordinasikan upaya tanpa struktur hukum formal atau sentralisasi pemerintahan selama hampir lima tahun:

     Ternyata menjadi tidak sulit untuk bekerja sama ketika orang memiliki tujuan bersama yang sama, yaitu, "mari kita membangun produk yang melakukan semua hal-hal besar ini." Satu hal yang kita yang membuatnya lebih mudah untuk membuat keputusan adalah untuk memiliki API yang sangat modular, yang membuatnya mudah bagi kita untuk mengatakan, "Jika Anda ingin bahwa fitur keren khusus, melakukannya sebagai hal yang terpisah, dan kami akan memutuskan apakah untuk membawanya ke dalam produk setelah telah menjadi sukses atau tidak. "

Pencipta ASF ini memastikan untuk membangun satu set prinsip-prinsip operasi ke dalam organisasi yang berdasarkan pengalaman mereka bekerja sama dengan sukses. Inti prinsip-prinsip pendiri adalah bahwa orang harus bekerja bersama sebagai relawan dan rekan-rekan. Karena tidak ada anggota kelompok bisa menahan apa-apa atas anggota lain dari kelompok, ada tidak perlu untuk lapisan apapun struktur formal di atas kegiatan proyek atau untuk menetapkan anggota tim posisi resmi atau jabatan:

     Gaya kepemimpinan tidak begitu banyak komando dan kontrol dan merencanakan langkah ke depan dari waktu tetapi bisa membuat orang di sisi Anda untuk meyakinkan mereka bahwa Anda akan menghargai kontribusi mereka buat. Itu benar-benar kisah sukses proyek open source tertulis besar: orang yang bekerja sama dalam teknologi umum untuk memecahkan masalah umum sehingga mereka dapat pergi dan menghasilkan uang tempat-tempat lain atau jadi mereka bisa bersenang-senang dan mencoba ide-ide baru. Itu benar-benar cerita yang sama dari Apache, Linux, dan proyek open source lainnya.

Di luar menggunakan struktur organisasi datar dalam proyek, ASF juga memiliki lisensi liberal pada perangkat lunaknya. Lisensi Apache mendorong orang untuk membuat salinan atau mengubah dan mendistribusikan versi mereka sendiri perangkat lunak, bahkan jika versi baru tidak open source. Pendekatan untuk kekayaan intelektual memungkinkan perusahaan-perusahaan seperti Google, IBM, dan Oracle untuk membiarkan insinyur terbaik mereka bekerja pada versi proprietary dari webserver dan masih berkontribusi secara bebas ke versi open source paralel perangkat lunak yang sama. Mereka dapat mempertahankan fitur proprietary yang unik dan integrasi serta memanfaatkan bakat tersedia di seluruh tim open source.
Open Source Revolusi
Semakin, perusahaan melihat Apache sebagai tempat alami untuk berkontribusi kode berpemilik mereka ketika mereka melihat tidak ada alasan lebih lanjut untuk "menyembunyikan" kode sumber produk mereka. Webserver berbasis Java Apache Tomcat pada awalnya dikembangkan di Sun Microsystems sebagai produk proprietary dan kemudian memberikan kontribusi ke Apache. The Apache Shindig proyek merupakan implementasi referensi open source dari API OpenSocial dipelopori oleh Google.
Apache membuatnya cukup wajar bagi sebuah perusahaan untuk berinteraksi dengan komunitas open source dengan cara yang membawa nilai yang signifikan bagi kedua perusahaan dan masyarakat.
Nilai inti dari Apache adalah bahwa semua orang berpartisipasi karena mereka ingin berada di sana, bukan karena mereka dipaksa. Nilai inti lain adalah bahwa Apache tidak merasa perlu untuk menjadi satu-satunya organisasi open source. Setiap orang memiliki hak untuk membuat salinan dari seluruh kode dasar dan memindahkannya ke organisasi open source lainnya. Membuat salinan dan memulai thread baru pembangunan yang disebut garpu dari perangkat lunak. Menurut Behlendorf,

     Lisensi open source seperti yang kami miliki pada produk kami disertai dengan hak untuk garpu, yang berarti bahwa jika saya mengatakan, "Kita akan pergi ke sini!" dan tidak ada orang lain ingin mengikuti, mereka bisa memutuskan untuk mengambil kode dan memulai sebuah proyek yang berbeda di tempat lain. Ini hak untuk garpu berarti bahwa Anda tidak harus memiliki toleransi untuk diktator, Anda tidak harus berurusan dengan orang-orang yang membuat keputusan-Anda teknis buruk dapat menempatkan masa depan ke tangan Anda sendiri, dan jika Anda menemukan sekelompok orang lain yang setuju dengan Anda, Anda dapat membuat proyek baru di sekitarnya. Saya pikir hak untuk garpu membatasi ekses yang kita lihat ketika kita berbicara tentang bagaimana kelompok membuat keputusan dan konflik muncul dan bagaimana Anda menangani konflik itu.

Banyak organisasi telah bekerja untuk mengadopsi pendekatan open source untuk manajemen dan kepemimpinan untuk proyek-proyek internal. Pada tahun 1999, Behlendorf didirikan CollabNet bersama dengan Tim O'Reilly penerbitan O'Reilly untuk membantu perusahaan menerapkan prinsip-prinsip open source dalam organisasi mereka sendiri.
Di satu sisi, ASF telah tumbuh bersama Web-namun pada akhirnya muncul menjadi salah satu sumber utama infrastruktur untuk membangun aplikasi Web berskala besar. Karena infrastruktur ini telah dibangun sebagai open source, semua orang dapat menggunakan best-of-breed alat tanpa khawatir tentang biaya. Memiliki alat kuat yang tersedia telah memberikan kontribusi terhadap budaya inovasi yang membuat Web berkembang.
Charles Severance, Editor kolom Percakapan Computing dan Editor multimedia Komputer, adalah profesor klinis dan mengajar di School of Information di Universitas Michigan. Anda dapat mengikutinya di Twitterdrchuck atau hubungi dia di csev@umich.edu.

0 komentar:

Poskan Komentar